jualanesteh

Just another WordPress.com site

bagaimana meracik es teh dengan sempurna (2).

Posted by esa1969 pada 17/06/2011

OK guys, kita langsung praktek meracik teh dengan sempurna.

Langkah 1. Siapkan peralatan. container kapasitas 1 galon ( 20 liter ),  1  galon air siap pakai, termos rendam.

langkah 2. masak air sampai mendidih sebanyak 3 liter. sementara itu masukkan 4 ( empat ) kantong teh kedalam termos rendam. masukkan air yang sudah mendidih kedalam termos. Tutup rapat, biarkan paling kurang 1/4 jam, bagus kalau anda merendam selama 30 menit.

Langkah 3. Masukkan 2 kantong gula pasir kedalam container. Siapkan saringan halus, taruh diatas mulut container. tuangkan biang teh dari termos ke dalam saringan dan biarkan airnya memenuhi  container. Hati hati jangan sampai serbuk teh ikut masuk ke dalam container.

Langkah 4. Aduk biang teh dan gula sampai larut merata. Masukan sisa air galon ( 17 liter ) kedalam container, aduk lagi sampai merata. Tunggu sampai 5 menit. Racikan teh siap dihidangkan.

Bila anda merasa langkah langkah tersebut terasa biasa, rahasia apa yang membuat perbedaan ? ini lho rahasianya :

  • rendam teh lebih lama, 30 menit adalah waktu minimal untuk perendaman. Tanpa melakukan ini warna teh akan menjadi pucat, tidak pekat.
  • Pada saat menuangkan biang teh ke dalam saringan, jangan dulu buang ampas teh karena air dalam termos  sudah dituang semua. Siram lagi ampas teh dengan air panas sampai warna air yang mengucur ke kontainer berwarna putih. Jadi siapkan air panas cadangan. Jika anda tidak melakukan ini anda akan kehilangan rasa sepet teh.
  • Jangan kurangi takaran teh karena anda akan kehilangan aroma khasnya. begitu pula jangan menambah air selain yang 20 liter tadi. Aturannya adalah 4 kotak teh untuk 2 Kg gula dan 20 liter air.
  • Gula yang paling cocok adalah Gulaku ( penulis tidak memiliki kepentingan apapun dengan menyebut pruduk gula tertentu, semata mata untuk menemukan racikan teh yang sempurna ).

Nah selamat mencoba. Ingat : sepet, aroma, warna, dan manis !

Iklan

108 Tanggapan to “bagaimana meracik es teh dengan sempurna (2).”

  1. terimakasih blog ini sangat membantu,semoga berman faat untuk lapisan masyarakat amin

  2. esa1969 said

    sama sama mas. selamat mencoba. Sukses !

  3. nita said

    Bu, “4 kantong teh” itu maksudnya kantong teh celup atau biasa teh tubruk? lalu ukurannya yang berapa gram per kantong?
    Thanks infonya

  4. nia vodionova said

    untuk 4 kantong teh ukuran berapa per kantongnya lalu ada rekomendasi teh apa yg paling enak

  5. esa1969 said

    Dear ibu Nita dan ibu Nia, yang dimaksud adalah teh serbuk kemasan 50 gram. Mengenai merk saya mempergunakan teh cap poci rasa vanila karena itu standar franchise teh poci. Mana yang paling enak, diserahkan pada penilaian masing masing.

  6. Kang Ipink said

    Maaf mas/mbak, saya msh kurang paham mengenai “4 kantong teh” itu.

    Teh celup Poci kemasan 50 gram itu kan isi di dalamnya ada 25 pcs (atau sama dengan 2 gram/pcs nya).

    Yg dimaksud “4 kantong” itu :
    1. Apakah 4 pcs? (4 pcs X 2 gram = 8 gram)
    2. Atau 4 box teh celup poci kemasan 50 gram (4 box X 50 gram = 200 gram)?

    Mohon penjelasannya yah mas, terima kasih

    • esa1969 said

      hallo kang Ipink.
      terima kasih sudah berkunjung. Yang saya maksud bukan TEH CELUP, tapi TEH SERBUK. Teh serbuk tiap kotaknya berisi 50 gram teh dalam bentuk serbuk. kemasannya seperti terlihat dalam ilustrasi di atas. harganya berkisar Rp. 1.250 – 1.750/pcs. nah selamat mencoba.

      • Dadang said

        Mas , jadi utk membuat teh 1 botol galon (19 liter) diperlukan 4 kantong x 50 gram teh poci = 200 gram ya ?

      • esa1969 said

        Benar kang Ir. Dadang. Perhatikan langkah langkah yang saya tulis untuk mendapat hasil sempurna.

  7. agus said

    Saya suka informasinya jelas, lengkap, runtut, realistik, lengkap dengan angka-angka takaran, dapat dioperasionalkan, jelas kriteria mengukur teh yang enak itu seperti apa dan bagaimana resepnya. Terima kasih infonya

  8. Anwarudin said

    Kalo tehnya sehari gak habis,bisa dijual buat besoknya lagi gak bu?

    • esa1969 said

      Mas Anwarudin,
      Sepanjang pengalaman saya, teh yang kemarin masih bisa dijual asal anda menyimpannya dalam lemari es. Namun saya ingatkan ‘teh kemarin itu’ akan berubah rasanya menjadi cenderung lebih manis, kesatnya hilang, dan aromanya turut menghilang. Karakter tehnya telah berubah. Penggemar teh sejati akan merasakan sesuatu yang aneh bila mencicipinya.

      Nah, sekarang terserah anda. Bila anda komit terhadap mutu, maka hindari menjual ‘teh kemarin’ ini.

  9. kuncoro said

    maaf mbak, itu yang diatas untuk takaran teh yg disajikan hangat ya? kalo ditambah es kan otomatis rasa gula dan teh berkurang, mungkin ada tambahan gula atau teh atau bagaimana mbak? mohon penjelasannya. terima kasih

    • esa1969 said

      Mas Kuncoro,
      Pada dasarnya resep yang saya bikin di atas adalah untuk es teh dingin. Kalau disajikan panas rasanya memang cenderung terlalu manis. Agak susah mendefinisikan rasa manis yang pas. Tetapi letaknya di titik moderat: tidak terlalu manis (giung dalam bahasa Sunda) dan tidak terlalu hambar. Tetapi, sekali lagi saya tekankan, manis hanya satu unsur. Ada kesat dan wangi yang juga harus anda kemas dalam satu paket: es teh!

  10. AMORA091212 said

    mhn infonya bagaimna cara menyimpan teh yg tdk hbis dijual????apakah msh layak dijual besok atau akan basi

    • esa1969 said

      Haaaa, yang namanya penjual memang ngak mau rugi, ya?
      Baiklah. Pertama tama harus saya informasikan rasa teh kalau dijual lagi keesokan harinya berubah. Rasa kesat, harum, menghilang. Cenderung lebih soft, dan terasa lebih manis (aneh, ya? tapi pengalaman menunjukkan demikian). Mau kah anda, atau konsumen – yang walaupun masih layak konsumsi – menerima teh yang sudah berubah rasa? itu sih dikembalikan ke keputusan masing masing.

      Naaahhh, cara agar teh tidak menjadi basi adalah: kemas kelebihan teh itu dalam plastik putih, masukan ke dalam freezer. Sampai membatu? ya, ngak apa apa. Besok, kalau mau jual lagi, ya cairkan dulu… (sabar, ya…)

  11. afandi said

    saya ingin menggunakan teh merk teh gopek (original) apakah sama takaranya dengan teh poci vanila?

    • esa1969 said

      wah, ‘masalah’ tek gopek bukan pada rasa. Teh gopek mempunyai rasa yang unik, kuat, dan bisa diterima pasar. Mungkin hanya warna yang ‘kurang’ meyakinkan dan harga yang agak mahal. saya punya pengalaman dengan yang ini. Solusinya: coba saja campur 1:1 (satu banding satu). Artinya coba campurkan 2 kotak teh poci dengan dua kotak teh gopek. anda akan terheran heran dengan hasilnya.

  12. indriani said

    dimana saya bisa beli teh poci rasa vanila yg serbuk ya?? soalnya saya ketemunya pasti yang celup, saya kira yang bisa beli hanya yg ikut frenchise saja, di tempat saya madiun sudah muter2 tapi nggak ketemu.. minta info dan bantuannya terimakasih

    • esa1969 said

      Mbak Indri, teh poci serbuk di sini bahkan bisa didapatkan di mini market kok (ind***r*t, A*f***rt). Dijual bebas. Tidak perlu beli dulu frenchise.

  13. oh iya saya tertarik sekali dengan pertanyaan “teh kemarin dijual lagi” , yang saya tanyakan juga apakah sisa teh yang telah dibungkus plastik hrs (wajib) masuk freezer?ataukah cukup ditaruh di lemari es meski di rak tengah kulkas saja?lalu perbedaan apa yang muncul ketika di rasakan jika sisa teh dari freezer VS sisa teh yang hanya dimasukkan ke dalam lemari es saja.trims

    • esa1969 said

      tidak ada perbedaan rasa yang signifikan antara dimasukkan ke freezer atau ke refrigerator. Kalau kita ingin menyimpan dalam waktu lama, pilihlah freezer. Kalau misalnya dikehendaki siap konsumsi kapan saja, ya masukkan saja ke refrigerator. Kalau kita, untuk menjaga tidak basi dan akan dijual esok harinya, di masukkan ke freezer aja. aman.

      • farid said

        misalnya penjualan teh hari pertama laku separoh container,lalu masih nyisa separoh container dan teh kemarin tsb dibekukan masuk freezer,nah keesokan harinya misal kita bikin teh yang baru dengan takaran saji separoh container saja,lalu dicampur teh kemarin yg telah beku td,apa masih bisa?jd separoh container teh baru dan separoh container teh kemarin?

      • esa1969 said

        bisa saja begitu, bro. cuman lihat lihat dulu pangsa pasarnya. Jika kebanyakan konsumennya maniak rasa teh (saya punya pengalaman begitu), sebaiknya jangan dicampur. Karakter segmen ini biasanya justru ogah memakai varian rasa. Bagi mereka, karakter teh adalah segalanya. Tapi bagi segmen yang memakai varian rasa lebih banyak, saya rasa ngak masalah untuk mencampurnya.

  14. Jamal rudin said

    Saya bagian dari penjual es teh poci,di daerah terpencil di krwg,alhamdulillah untk penjualan nya sangat signifikan,yg saya tanyakan gmana cara nya,untk menambahkan aroma teh,agar lebih wangi,dan bgaimana agar teh ini berkesan istimewa dalam fisik nya,di dlm mata k0nsumen. .
    Trmaksh

    • esa1969 said

      Bro Jamal,
      Karawang konon menempati tempat tiga besar untuk penjualan di Jawa Barat. Untuk franchise ini, aroma dan warna telah terstandardisasi. Sehingga kalau bro mengikuti langkah langkah peracikan yang saya tulis di sini, inshaallah warna, aroma, dan kesat yang diinginkan tetap terjaga. Untuk mendapatkan warna, aroma, dan kesat yang lebih, bro harus melakukan ‘improvisasi’.

      Hanya berbagi pengalaman, saya pernah menambahkan dua bungkus kecil teh serbuk aroma melati. Hasilnya,.. hmm bro harus buktikan sendiri.

      Tetap semangat, ayo lanjutkan bekerja.

  15. Jamal rudin said

    Terimakasih sbelum nya, dan bisa tidak teh poci di campurankan hal yg lain misal nya susu,madu atau yg lain,dan gmana tentang ke amanan nya menurut anda. .

    • esa1969 said

      Mencampur es teh dengan susu, madu, atau bahan lainnya, sejauh ini aman aman saja. Tidak masalah.Tentu saja anda perlu memperhatikan kualitas bahan bahan itu. Ini menurut pengalaman saya selama hampir lima tahun jualan es teh poci.

  16. Jamal rudin said

    Apa cukup dgn gula 2kg dgn ukuran 20 L,atau ada tambahan pemanis/sedium atau miki.

  17. Jamal rudin said

    Tapi slama ini aku coba,murni gula 2 kg tak sampai 20 L air,soal nya kalau sampai 20 L aku coba ga manis…gmana om

    • esa1969 said

      coba pake gulaku, atau tambahkan lagi gula 1/4kg, atau coba kurangi airnya. Banyak cara kok.

    • sela said

      menurut pengalaman yg saya lihat di Taiwan, kebetulan saya sedang belerja di Taiwan, penjual es teh tidak langsung melarutkan gula dan teh dlm 1 termos, karna pembeli ada yg suka manis dan sedikit manis, jadi menambahkan gula ny sewaktu teh sudah d tuang di gelas,jika mau manis “cenchang thang” ( gula sedang) atau “pan thang” ( gula setengah) , gitu kira2 😁

  18. turut tanya ya gan, apa kah ada cara laen untuk mendapat alat pres ny selaen ikt frenchise…….?

  19. kalo g ikt frenchise dmn bisa beli cup n plastik sheler dan alat pendukung laen ny. bisa bagi informasi gan……..?

    • esa1969 said

      Bisa saja. Sekarang banyak dijual gelas plastik sudah lengkap dengan tutupnya. Tetapi untuk ‘menaikkan’ nilai jual, anda bisa membeli mesin sealler yang harganya sekitar duajutaan. Jangan khawatir soal seal (plastik penutup gelas). Sekarang banyak juga dijual dengan gambar warna warni yang menarik. Anda tinggal berupaya mencari toko penjual, atau bisa juga beli online. Semuanya tersedia dan mudah diakses.

  20. dede said

    Trmksh bu atas infony” bu klo diksh parian rasa tehny? Trs parian rsa pakai apa yg cocok? Semisal rasa jeruk atau strawberi”

    • esa1969 said

      Ngak masalah. Kadang bosan kalau hanya minum yang rasa standar. Rasa apapun bisa, tergantung selera (pasar). Favorit rasa saya adalah susu (dicampur carnation) dan lemon (dari sunquick). Semoga membantu.

      • dede said

        Saya krg paham mksdnya !! Carnation ? klo lemonnya jeruk lemon apa berbentuk flauvour?

  21. Menarik nih. Boleh ikut nimbrung ya,,, 😀 | Saya baru rencana buka Teh Poci minggu2 ini. Pertanyaannya:
    1. Satu container teh kapasitas 20 liter itu bisa jadi untuk berapa cup?
    2. Untuk gula, gula yg pas itu Gulaku yg bungkus hijau atw kuning?
    3. Berapa gaji standar utk pegawai saya? Berapa jam kerja klo untuk lingkungan kampus? Karna rasanya kok terlalu kecil klo digaji sesuai ketentuan Teh Poci Pusat yakni 700rb

    Mohon pencerahannya ya pak,,, 🙂

    • esa1969 said

      Ini jawaban saya (yang belum tentu benar):
      1. minimal 60 gelas. Kalau anda tidak dapat 60 berarti rugi. rata rata sih 80 gelas. Unsur es batu berperan dalam membantu ‘keseimbangan’ kocoran teh kedalam gelas. Anda boleh mengisi es batu sampai sepenuh gelas (kalau konsumen tidak protes, hehe)
      2. Kuning atau hijau sama saja.
      3. Saya menggaji 50rb/hari kerja. Dari jam 8 pagi sampai asar.

      Semoga membantu.

  22. joko said

    mas saya dah nyoba seperti resep yg ditulis tpi jadinya malah hambat ngk enak teh kurang kental dan smp sore dah basi yg ingin saya tanyakan sisa air yg 17liter itu air matang atau air mineral biasa???mohon jwbanya

    • @Pak Joko, Nggak kok.. Kemarin saya baru mulai jualan dan saya mengikuti cara pembuatan teh sebagaimana yg diterangkan diatas. Hasilnya cukup memuaskan. Walaupun penjualannya belum maksimal.

      Saya bikin teh jam 11 siang dan sampe jam 8 malam belum basi alias masih enak tuh 🙂

  23. Yusuf said

    Mau tanya gan klu bikin tehnya mlm trus saya kemas semua,trus saya masukin kulkas itu pengaruh g ke aroma trus kira” kuat berapa hari y klu 1hri g abis?

    • esa1969 said

      Yup! kadang kadang karena kondisi tertentu anda harus meracik teh semalam sebelumnya. Well, anda akan kehilangan wanginya bila menempuh cara itu. sepet dan manisnya akan tetap bertahan.

  24. Mas, saya dengar kita bisa tmbahkan butterfly yh, agar bau dr the ny tetap terjaga wlaupun sampai sore ?

    • esa1969 said

      Ini jawaban saya: jangan tambahkan pengawet pada racikan anda. Kalau anda memasak dengan benar dan HIGIENIS, teh anda selama seminggu dapat bertahan tanpa basi di kulkas anda. Coba buktikan.

  25. basuki rakhmad said

    trims resepnya, tanya juga, bagaimana dengan pemberian es batu agar segar dan dingin?

    • esa1969 said

      Satu hal yang ingin saya katakan: anda harus yakin dengan pemasok es anda. Lebih baik es itu datang dari freezer anda sendiri. Baik sedikit atau banyak di gelas teh anda, es yang yang baik terasa beda rasa ketika mengalir di tenggorokan 😀

  26. da boyor said

    Asalammualaikum…
    Pernah nyicip teh poci enak banget..
    Sepet manis rasa salak…
    Apa ada resep nya buk?

    • esa1969 said

      Rasa salak saya kira datang dari sirup atau serbuk tambahan. Barangkali penambah rasa ini yang cocok di lidah bung Dede 😀 Yang jelas kenikmatan sejatinya berawal dari racikan teh awal yang memang sempurna. Saya sudah bahas mengenai meracik teh dengan sempurna ini.

  27. andrie said

    Mas,masak airnya apa harus kudu pake panci yg terbuat dr stanles?yg k8non cerita biar teh yg dibuat tidak cepat basi?mitos atau fakta..mohon infonya tks

    • esa1969 said

      Memasak air pada panci stainless tentu lebih baik dari memasak pada waterheater plastik. Saya kira itu bukan mitos. Hanya pertimbangkan pula unsur ke praktisan. Setidaknya mas Andrie perlu tambahan alat kompor dan tabung gas. Tidak setiap tempat mengijinkan penggunaan kompor dan tabung gas.

    • andrie said

      Oya,dr teh poci warna kuning atau biru,apa ada perbedaan pengaruh di rasa dan warna teh?kalo dibandingkan dg teh poci vanila.tks

  28. andrie said

    Wanginya jasmine itu dr ap ya?soalny uda cb bbrp x eksperimen dg mcm2 teh rasa jasmine tp ttp klh aromany dg yg vanila, mohon saranya,,,

  29. esa1969 said

    hmmm, lagi lagi keluar jurus rahasia ni. Beli teh cap botol warna hijau. itu rasa teh melati. seduh 2 kotak vanila dengan 2 kotak teh cap botol warna hijau. resakan…

    • alfian said

      lebih enak dan sehat beli tea jasmin atau strauberi belac tea dan grintea hanya di tea rtong tji, ayo berlanggana daeng dan rasakan nikmatnya tea tanpa gula pengawet pake gula don hanya di
      tea tong tji makassar,,,,,,,,,,,, maki jappa jappa cobai tea tong tji di kota daeng, terimah kasih

  30. yan tresna said

    mas, supaya minuman teh awet sampai 1 minggu tanpa bahan pengawet bagaimana caranya??
    soalnya saya sudah mencoba eksperimen setelah teh nya dikemas dalam cup sealer ternyata teh nya hanya kuat 1-2 hari sedangkan saya berencana memasukan teh ini ke warung-warung dan kantin di sekolah
    mohon bantuannya & terima kasih

  31. Andrie said

    Mas esa,kl teh di mix dg rasa2 itu rasa sepet tehnya malah berkurang ya nah itu solusinya bagaimana?apa kudu pake teh apa atau yg gimana mas?thank

    • esa1969 said

      konsekuensi dari penambahan rasa memang mengurangi bahkan menghilangkan rasa teh sejatinya. Tetapi untuk pangsa pasar sekolah, teh rasa inilah yang mendongkrak omset. Teh yang dengan campuran susu misalnya, selalu jadi best seller di SD dan SMP dan siswi SMA.

      Cara mengatasinya? saya ngak punya jawaban mas Andrie 😀

  32. mira said

    Minta cara penyajian dlm jumlah sedikit jgn 1 galon dulu bisa??
    agar tdk terbuang mubajir apalagi utk hari2 pertama

  33. ARDI said

    lebih baik bikin 4 kotak teh poci rasa vanila semua / 2 kotak teh poci vanila + 2 kotak teh cap botol / 2 teh poci vanila + 2 teh cap gopek, rasa mana yang di terima di pasar mas esa?

  34. ARDI said

    mau tanya lg mas, untuk pembuatan lemon tea yg bagus sebaiknya menggunakan produk teh lain / teh poci dicampur sunquick? lalu bagaimana ukuran yg pas sunquick untuk 1 cup lemon tea?

    • esa1969 said

      sejauh ini menggunakan sunquick adalah yang terbaik walaupun harganya mahal. 2ml dari dasar gelas rasanya cukup. Tentu saja lebih percayai lidah anda. semoga membantu.

  35. ARDI said

    saya ingin membuka teh poci, bagaimana saran mas apa saya langsung membuat 4 teh poci atau di campur2 dengan teh cap botol atau gopek? dan 1 lg, campuran apalagi ya mas yg mungkin di terima pasar selain campuran dengan lemon?

  36. esa1969 said

    tergsntung mau bukaanya di mana? kalau di sekolah, disarankan mempergunakan standar rasa vanila dengan 4 kotak teh poci. Di tempat lain, lihat lihat dulu pasar. Kalau di sekolah, best sellernya biasanya campuran susu. Bisa juga rasa strawberry, saya menggunakan campuran sirup ABC untuk ini.

  37. ARDI said

    apakah bermasalah jika saya tidak ikut franchise?

  38. maryo said

    Kalau untuk campuran susu apa ya gan esa yg cocok?

  39. maryo said

    Kalau pakek susu yg bener itu serbuk apa kaleng? N kalau boleh tau apa merk apa yang rekomeded?

  40. Ari Arman Dani said

    Mas esa,kalo merendam tehnya langsung d panci yg buat masak airnya bisa ga? pengaruh ga terhadap rasa? trims

  41. kalo untuk mesin cup sealer yg bagus merk apa? (seimbang antara harga dan kualitas).. Ma kasih

  42. esa1969 said

    Manual Oom.

    • endik said

      Mba esa kalo mau di tambah susu ukuranya brp?apakah cukup 1 kaleng aja pa gimana?trims

      • esa1969 said

        Tambahan susu itu percup mas endik. Cukup beberapa mili saja dari dasar gelas. Memang perlu uji coba dulu. Setelah beberapa kali, baru dapet ukuran yang pas.

        Semoga membantu.

  43. freddy said

    Klw saya mau jual pake resep masx tp tdk daftar frainchase boleh tdk mas..

  44. Karun said

    Informasi yg sangat bagus.. Terimakasih, jadi ingin ikut mencoba bisnis ini.

  45. susanto said

    mas kenapa bikin teh botol 500ml koq penyot botolnya kalau di masukin s.case

  46. evi said

    1 kg gulaku dapat berapa cup teh poci.trus kalau ada yg mintak tambah susu atau nutrisari teh pocinya dikurangin takarannya apa tdk. ya..

  47. sakura said

    Klo coba 1/4 air galon, 1/4 gula sma 1/4 teh, air pnas ny yg msti dmsak brpa liter y jdi ny? Mksh ats jwban ny

  48. norma said

    Mas saya coba pake 1vanila 1botol hijau.. kenapa rasanya tdk sama dgn jika saya beli di poci rasa jasmine. Apa mgkn pake serbuk teh rasa jasmine? Saya blm menemukan rasa yg pas

  49. Nenk said

    Utk teh poci vanila yg digunakan ukuran 50gram dan Utk ukuran teh cap botolnya yg berapa gram ya?

  50. Febby said

    Mas esa kalo Untuk perasa kita pake yg cair (spt sirup marjan)brapa takaran sirupnya percup?

  51. sonyabeta@yahoo.co.id said

    untuk 20l teh manis berapa kisaran cup besar/ kecil yang dipakai?

  52. nur said

    Beli dimana sebuk teh poci’a kok dalfa/indo mart daerah bsd tidak ada ya..mohon info’a

  53. nur said

    Dimna saya bisa bli serbuk teh poci rasa vanilla’a untuk daerah bsd..kata’a d’alfa n indomart ada tp kok saya cari tidak ada.mohon info’a

  54. Dendik said

    Gan esa,saya biasanya buat biang 10L untuk kontainer 20L dan proses pembuatannya setelah air mendidih gulanya saya masukkan 2,5kg saya aduk hingga mendidih kompor saya matikan lalu baru masukkan teh nya 4 kotak,setelah 4-5jam baru saya saring dan dicampurkan kedalam kontainer,mohon saran apa ada yg salah,terimakasih

  55. alfian said

    saya sih udh tahu caranya , karna ini pekerjaan saya se hari2 se bagai tukang masak tea, atau koki tea di sebuah perusahaan tea tong tji, dan yg palin menarik bagi semua jenis bibik tea udh saya tahu cara takarannya berapa liter per bibik, cara masak airnya berapah lama dan cara rendam atau saring teanya yg udh di rendam, tapi saya nda, mau nulis cara berapa gram bibitnya, berapa liter takaran airnya dan berapah lama bibitnya di rendam supaya warnah tehnya sempurnah dan manjadi teh paling sehat di minum setiap hari ,= hanya jasmin tea, blac tea, dan grin tea, yg palin nikmat, dan itu hanya ada di te tong tji, tea palin nikmat titik, gula asli

  56. mirza said

    Gmana kalau pake teh tong tji bu?
    Kita didepot biasa make itu,,

  57. S. Indra Ewsana said

    Semoga Bapak/Ibu/Saudara/Saudari pemilik blog ini memperoleh pahala yang berlipat ganda dari Allah, Tuhan yang kuasa atas artikel ini. Salam, Sindra Ewana

  58. suar said

    klo tehnya d rebus dengan air mendidih gmn pak tidak di rendam dalam termos ? serta gula yg d campur itu di bikin gula cair dlu (d rebus) ? mohon infonya merebus gulanya jg. makasi

  59. Puti said

    Bagus sekali artikelnya. Lengkap dengan tips, tricks dan gambarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: